Thu. Dec 3rd, 2020

PirantiMancing

Lets Go Fishing

Mengenal Reel Baitcasting

2 min read

 

Kali ini pirantimantimancing.com akan membahas tentang reel yang menjadi kegemaran para angler castinger, yaitu reel baitcasting. Reel Baitcasting merupakan reel yang dibuat khusus untuk teknik casting.Teknik Casting dilakukan dengan cara melemparkan dan menarik umpan (Minnow, WTD, Popper) yang dikaitkan di line secara berulang hingga disambar oleh ikan target kita.

Menggunakan reel BC memiliki kebanggaan tersendiri, karena tidak semua angler bisa menggunakan reel BC. Penggunaan reel BC butuh pengalaman dan latihan secara rutin agar tidak mengalami backclash atau line kusut akibat putaran spool lebih cepat dibandingkan dengan keluarnya line.

kelebihan dari reel baitcasting lainnya adalah lemparan yang dihasilkan, lemparan BC dapat melontarkan lure dengan sangat tepat dan akurat, keakuratan lemparan sangat diperlukan saat kita casting di daerah sungai yang terdapat pepohonan.

Di Indonesia sendiri, banyak tersedia reel baitcasting dari beberapa brand alat pancing baik yang sudah mempunyai nama besar maupun nama-nama baru dengan spesifikasi dan harga yang bervariasi tergantung budget para angler.

berikut bagian-bagian dari reel Baitcasting:

  1. Handle: untuk menggulung line dan mengembalikan thumb bar.
  2. Spool Tension Knob: untuk pengaturan lure dan pengaturan lemparan
  3. Thumb Bar: jika ditekan dengan ibu jari line akan keluar dari spool
  4. Braking sytem atau pengereman: penjelasannya ada dibawah
  5. Spool: tempat penampungan line
  6. Line Guide/ Lever Wind: berfungsi untuk pengaturan keluar senar, agar tidak backlash
  7. Drag: sebagia pengatur tegangan line saat fight dengan ikan.

3 Hal Penting yang perlu diperhatikan dalam memilih reel baitcasting adalah:

  1. Sistem Pengereman

Secara dasar Reel baitcasting memiliki sistem pengereman Magnetik Brake dan Centrifugal Brake. kedua sistem pengereman tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing tergantung si angler. Reel baitcasting yang menggunakan sistem pengereman yang bagus akan memudahkan kita dalam memakai Reel baitcasting itu sendiri.

  1. Gear Ratio dan Material Gear

gear ratio BC adalah seberapa cepat reel mengambil jalur dengan kata lain, berapa kali putaran spulnya berputar dengan putaran lengkung 360 derajat penuh Semakin tinggi ratio gear reel baitcasting para mania maka semakin rendah torsi yang dihasilkan.

Gear dengan menggunakan bahan kuningan akan memastikan umur pemakaian yang lebih lama, sementara gear dengan bahan alumunium atau plastik biasanya tidak seawet kuningan dan mebutuhkan maintenance atau perawatan yang rutin setelah beberapa kali pemakaian.

  1. Bearing

Semua type reel BC memiliki ball bearing, yang membantu membuat gulungan halus saat menarik kembali lure Anda dan memberi dukungan dan stabilitas. Semakin banyak bearing yang terdapat di dalam reel baitcasting maka akan semakin halus putarannya, namun perlu diingat, reel dengan 5 bearing yang berkualitas akan lebih halus daripada 12 bearing biasa. Maka dari itu carilah merk-merk reel BC  yang sudah terkenal baik dalam hal kualitas.

Sebelum membeli reel baitcasting, sebaiknya menentukan terlebih ukuran lure dan juga sisi handel reel. Tidak ketinggalan juga untuk memilih produk yang sesuai bujet kita.

Memancing adalah hobi yang membutuhkan dana, terutama biaya untuk piranti mancing. Oleh sebab itu, pilihlah baitcasting reel yang kita inginkan dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.