Thu. Dec 3rd, 2020

PirantiMancing

Lets Go Fishing

Tips Pemilihan Leader untuk Piranti Ultralight (UL)

2 min read

Leader adalah line atau senar pancing yang menghubungkan line utama (PE) kita dengan umpan, bisa berupa minnow, mini  popper , atau umpan hidup (live Bait) yang berguna sebagai shockbreaker (peredam kejut) saat terjadi hentakan ikan.

Bahan leader bisa bermacam-macam sesuai dengan kegunaannya, umumnya leader menggunakan bahan fluorocarbon. Rangkaian umum untuk leader dibuat sesuai urutan : Mainline – Leader – Solid Ring- Lure.

Dalam pemilihan leader untuk ultralight fishing dipengaruhi beberapa factor diantaranya, ikan target, lokasi mancing, dan yang paling berpengaruh adalah kepercayaan diri si angler. Pemilihan leader idealnya ukuran leader satu sampai dua kali ukuran mainline atau sebar utama dengan panjang 30-150 cm. Misalkna kita menggunakan main line 6Lb makan kekuatan leader maksimun kita adalah 12Lb, namun itupun bukan jadi patokan baku bagi pemancing ,kembali tergantung dari kepercayaan diri si pemancing.

Sebagian penghobi ultralight ada yang menggunakan leader diatas 12lb karena beberapa factor diantaranya target ikan yang besar, lokasi mancing yang berkarang dan juga kepercayaan diri si pemancing terutama bagi pemula. Pemilihan leader yang melebih dari 12lb bukan tanpa kendala, karena ukurannya besar dan sambungan knoting akan menjadi lebih besar dan tebal akan menyulitkan senar keluar mulus melalui ujung joran dan mempengaruhi jarak lemparan lure (Umpan).

Hal ini dapat dirasakan terutama dalam penggunaan lure ringan yang mempunyai berat 3 gram ke bawah. selain itu action atau pergerakan lure akan tidak maksimal didapat karena leader terlalu besar dari umpan. Jadi gunakanlah leader secara tepat agar keseimbangan piranti tetap terjaga. Penggunaan leader kecil dan lebih halus cenderung akan memperbesar peluang strike ikan target kita dan memberikan sensasi tinggi ketika meladeni tarikan ikan.

beberapa contoh ikan ikan target buruan dengan menggunakan leader 6lb dengan diameter 0.25-0.28mm adalah tarpon (bulan-bulan), bandeng, hampala yang panjang ikan tersebut tidak lebih dari 30cm . Untuk ikan dengan bobot lebih besar dan mempunyai gigi tajam seperti kakap, Mj, gabus, serta ikan karang seperti krapu, lebih baik menggunakan leader yang lebih besar dari 6lb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.